Yang pernah belanja ke Indomaret
atau Alfamart, pasti kasirnya selalu bertanya kepada kita sebagai pelanggannya. Dan pertanyaan itu selalu sama di setiap Indomaret maupun Alfamart manapun. Sebelumnya, pasti lo udah pada tahu
dong apa itu Indomaret dan Alfamart? Itu loh, minimarket swalayan yang pertumbuhannya sangat cepat dan uniknya dimana ada Indomaret disitu pasti ada
Alfamart, entah mengapa padahal yang barang yang dijual sama, tapi selalu saja
setiap ada Indomaret pasti ada Alfamart. Udah gitu dilihat sekilas bentuk pasar
swalayan ini hampir mirip, sampai-sampai kalau gue udah didalam salah satunya,
gue suka gak sadar ini di Indomaret atau Alfamart, kecuali kalau gue lihat
logonya.
Nah sekarang apa aja sih pertanyaan
yang akan lo hadapi ketika berbelanja di kedua minimarket ini? Cekidot:
1. Kartu Member
Ini adalah pertanyaan
pertama ketika lo menaruh barang di meja kasir dan siap-siap mau bayar.
Biasanya kasir selalu bertanya “Punya kartu membernya mas?” Gue selalu jawab tidak,
dan setiap gue belanja di minimarket yang sama pertanyaan itu selalu diulang
lagi. Padahal kasirnya baru aja melayani gue, dan pas gue balik lagi belum
lama, ditanya lagi punya kartu member atau tidak. Disini gue menjawab “Tidak !”
2. Tambah belanja lagi
Pertanyaan kedua ketika
kita sudah meletakan belanjaan kita dan sambil menghitung kasir bertanya: “Ada
lagi lainnya mas?” Kebanyakan sih gue jawab “Enggak mbak !”
3. Isi Pulsa
Setelah selesai
menghitung sejumlah belanjaan gue, kasir bertanya lagi “Sekalian isi pulsanya
mas?” Karena gue juga jualan pulsa, jawaban gue pasti “Enggak mbak, terimakasih
!”
4. Donasi
Setelah gue bayar dan
jumlah uang gue diinput, lalu munculah kembalian. Kalau ada kembalian lebih 100
sampai 400 rupiah, kasir langsung bertanya “Seratusnya boleh di donasikan mas?”
Biasanya gue jawab “Iya!” Ini yang sulit sebenarnya, gue gak tahu dana gue
didonasikan kemana dan untuk apa. Tapi kalau gue gak donasi kesannya ribet aja,
uang seratus-dua ratus rupiah aja diminta. Mungkin pembeli lain juga merasakan
hal yang sama, serba salah. Harusnya kalau mau donasi, lebih baik Indomaret
atau Alfamart menyediakan kotak donasi di meja kasir. Kembalian pelanggan harus
utuh sesuai yang tercetak di mesin kasir. Perkara pelanggan mau donasi atau
tidak, itu hak pelanggan. Kembalian itu hak pelanggan, karena kan kalau
pelanggan membayar kurang seratus tupiah saja pasti ditolak.
5. Plastik
Ini yang terbaru, kasir
akan bertanya “Di plastikin belanjaannya mas?” Hadeuh, ya nambah lagi dua ratus
rupiah. Dua ratus rupiah sih gak seberapa, tapi kalau dipikir-pikir misalnya
jumlah orang yang belanja di seluruh Indomaret dan Alfamart se-Indonesia dalam sehari 10 juta orang saja
yang meminta plastik berbayar, maka nilai transaksinya Rp. 200 x 10.000.000 = Rp. 2M. Itu untuk satu hari saja, bagaimana
kalau sebulan?
Itulah pertanyaan yang
harus gue hadapi ketika belanja di Indomaret dan Alfamart, tentunya lo juga
mengalaminya sampapi hapal luar kepala J CU
Komentar
Posting Komentar
Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik. (Isi komentar diluar tanggung jawab kami).